PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI ANAK INDONESIA
Hasil gambar untuk pendidikan penting bagi anak indonesia
Pendidikan menjadi hal yang utama bagi setiap generasi muda, terutama untuk menambahkan wawasan. Pendidikan sendiri memiliki jenjang atau tingkatan tertentu bagi mereka yang ingin menempuhnya. Pendidikan juga menyediakan jurusan-jurusan sesuai dengan minat peserta didik. Pendidikan secara umum mempunyai arti yaitu suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan.
Berbicara tentang pendidikan pasti semua akan setuju dan beranggapan bahwa pendidikan merupakan sebuah modal berharga untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah dan merupakan salah satu hak asasi manusia. Menuntut ilmu itu tidak ada batasan usia atau dapat dikatakan selama kita hidup merupakan sebuah proses pendidikan baik di dalam lingkungan keluarga, masyarakat atau dimanapun kita berada. Di dalam masyarakat pendidikan dapat membedakan manusia dari segi kedudukannya. Orang yang berpendidikan tinggi akan jauh lebih di hargai orang lain dalam masyarakat. Pendidikan juga sangat berpengaruh dalam pekerjaan, contohnya pada jabatan seseorang. Orang yang berpendidikan tinggi dapat di posisikan pada jabatan yang lebih tinggi, begitu juga sebaliknya orang yang berpendidikan rendah akan di posisikan pada jabatan yang lebih rendah pula. Karena kemampuan seseorang di sesuaikan dengan setiap bidang pekerjaan.
Pendidikan berperan penting untuk menunjang masa depan, karena jika kita tidak mempelajari dan tidak memiliki pendidikan maka akan sulit mencari atau mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Pada zaman sekarang ini , ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih dan berkembang. Tentunya dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan sangat mudah untuk kita mendapatkan pendidikan.
Perlu kita ketahui pentingnya pendidikan memiliki tujuan untuk menghilangkan kesulitan, kemiskinan, kebodohan, ketinggalan dan penderitaan rakyat. Dengan pendidikan akan membentuk sikap yang bermartabat berguna mencerdaskan kehidupan bangsa untuk kedepannya. Masyarakat di daerah terpencil atau yang menetap di perdesaan, mempunyai anggapan bahwa pendidikan bukanlah suatu yang penting. Mereka beranggapan bahwa lebih baik bekerja dari pada menempuh pendidikan. Alasan mereka beranggapan seperti itu yaitu jika bekerja akan mendapatkan penghasilan sementara menempuh pendidikan hanya membuang-buang waktu dan menghabiskan uang.
Di zaman era globalisasi seharusnya generasi muda bisa dan harus mampu mengembangkan ilmu pendidikan supaya tidak ketinggalan perkembangan zaman. Untuk memajukan peradaban agar bisa berdiri lebih kuat lagi dalam menghadapi perkembangan zaman sudah seharusnya kita mengedepankan pendidikan. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang kurang memperdulikan pendidikan. Mereka berpendapat pendidikan masih nomor sekian, yang terpenting bagi mereka bagaimana caranya bertahan hidup. Seandainya, bila mereka sadar bahwa pendidikan itu penting, akan membuat kehidupan mereka terangkat. Paling tidak bisa menjadi bekal kehidupan yang lebih baik. Marilah generasi muda maju lah dalam pendidikan agar kalian tidak mudah dibohongi oleh orang lain. Dan jangan sekali-sekali berfikiran sempit tentang pendidikan, karna dengan berpendidikan kita mempunyai ilmu dan wawasan dalam berbagai hal. Namun banyak orang yang menganggap pendidkan itu membuangkan waktu dan membuang-buang uang . nah banyak orang yang tidak berpendidikan itu berpengangguran dan banyak generasi muda yang sesat arah akibat pergaulan bebas. Dengan kekurangan ilmu kita akan mudah dipengaruhi kehal-hal yang salah. Banyak terjadi sekarang akibat kekurangan ekonomi terjadi pencurian dan pembunuhan. Namun itu semua terjadi akibat kurangnya pendidikan pikiran menjadi buntu. Mudah terpengaruh dan mabuk-mabukan memakai narkoba,mencuri, dan berbagainya itu dikarnakan akibat kurangnya ilmu. Mennyulurkan gelar pendidikan tinggi jadi jaminan lebih dalam karier. Itulah sebabnya, banyak orang masih bersemangat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Beasiswa salah satu yang jadi baruan.
Adapula orang yang ingin sukses melanjutkan pendidikan dengan biaya sendiri. Dan banyak orang juga bengulik berbagai peluang meraih beasiswa. Apabila pendidikan indonesia tak memiliki perubahan inovasi. Dunia perubahan sangat cepat sekolah tidak berubah banyak. Dari pengamatan saya kualitas pendidikan diindonesia sangat memprihatinkan yang kita lihat sekarang adalah adanya ketertinggalan didalam mutu pendidikan yang baik. Baik pendidikan formal maupun noformal. Dan hasil itu diperoleh setelah setelah kita membandingkannya dengan negara lain. Pendidikan memang telah terjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia indonesia untuk membangun bangsa. Oleh karna itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.
Nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan dibebagai jenjang pendidikan. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa berbagai bidang.


Penyebab rendahnya mutu pendidikan diindonesia ntara lain adalah masalah efektifitas, efesiensi dan standardisasi pengajaran. Kualitas belajar diindonesia semakin memburuk. Hal ini terbukti dari kualitas guru, sarana belajar.
Manusia yang memiliki ilmu dan berpendidikan pasti berbeda dengan manusia yang tidak memiliki ilmu dan pendidikan. Kita bisa melihatnya secara nyata dan membedakan dari cara bicara, bersikap, berpikir, sopan santun dan menjaga emosi. Dalam pendidikan disekolah menengah misalnya, seseoranag yang mempunyai kelebihan dibidang sosial dan dipaksa mengikuti program studi IPA akan menghasil kan efektifitas pengajaran yanga lebih rendah jika dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti program studi yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Terkadang pendidikan kurang baik akibat kurangan perhatian dari orang tua dirumah . Namun banyak generasi kita yang lalai dengan bermain, Bahkan zaman sekarang banyak anak-anak yang dibelikan hp buat anak yg masih dibawah umur, jelasnya anak-anak yang elum pantas menggunakan hp tersebut.
Dan banyak orang tua membeli hadiah hp buat anak-anaknya untuk bermain mainan. Namun itulah pengaruh buruk buat sianak, dan bisa menjadi dia kurang perhatian buat belajar dan lalai dengan permainannya. Bagi orang tua yang sayang kepada anak atau generasi kita marilah kita menjaga dan melindungi mereka dengan memberikan mereka pendidikan yang sesuai dengan usianya. Anak adalah titipan dari Allah namun itu amanah yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya.
Dengan kepedulian kita dan tanggung jawab kita dalam mendidik pasti si anak akan mengikuti kebiasaan yang kita ajarkan. Generasi kita adalah tanggung jawab kita semua itu mereka contohkan dari cara didikan orang tua yang pertama dirumah, dan orang tua kedua di sekolah, dan orang ketiga di tempat pengajian. Dengan ini mereka bisa merasakan dan mencontohkan hal-hal yang baik sesuai dengan apa yang kita ajarkan. Zaman sekarang banyak sekali pengauh yang buruk. Maka perhatikanlah mereka dengan baik dan penuh kasih sayang agar mereka tidak salah dalam melangkah.
Dengan adanya hp dan permainan si anak pasti meninggalkan buku bacaannya dan tugasnya menjadi seorang yang pelajar. Namun setiap orang tua kita harus memberikan mereka dukungan agar mereka lebih semangat dalam menjalankan tugasnya. Orang tua yang baik selalu memperhatikan buah hatina ketika pergi dan pulang.

Sumber :https://steemit.com/opinion/@quratahartini/pentingnya-pendidikan-bagi-anak-bangsa

Popular posts from this blog