Pengertian Kepribadian – Konsep, Ciri, Faktor, Fungsi, Perkembangan, Psikologi, Para Ahli : Merupakan kecenderungan psikologis seseorang untuk melakukan tingkah laku social tertentu, baik berupa perasaan, berpikir, bersikap.

Kepribadian : Pengertian, Ciri, Faktor Dan Sifatnya Menurut Pisokologi

Pengertian Kepribadian

Kepribadian (personality) bukan sebagai bakat kodrati, melainkan terbentuk oleh proses sosialisasi Kepribadian merupakan kecenderungan psikologis seseorang untuk melakukan tingkah laku social tertentu, baik berupa perasaan, berpikir, bersikap, dan berkehendak maupun perbuatan.

  • Kepribadian Menurut Pengertian Sehari-Hari

Di dalam kehidupan sehari-hari kepribadian juga bisa diartikan sebagai ciri-ciri yang menonjol pada diri seseorang, seperti kepada orang yang sangat pemalu dipakaikan sebutan “keperibadian pemalu”. Kepada orang supel diberikan sebutan “kepribadian supel” serta kepada orang yang lin-plan, penakut, dan semacamnya diberikan sebutan “tidak punya kepribadian”.

  • Kepribadian Menurut Psikologi

Dari sisi Pisikologi, Gordon Allport mengatakan bahwa kepribadian untuk suatu organisasi (berbagai aspek psikis & fisik) yang juga merupakan struktur dan sekaligus proses. Jadi, kepribadian ialah suatu yang bisa berubah. Secara khusus Allport mengatakan, kepribadian secara teratur tumbuh dan juga mengalami perubahan.

Kepribadian dibagi menjadi dua, yaitu:

Kepribadian yang sehat

  1. Memiliki kemampunan dalam diri sendiri secara realisitik; bisa menilai diri apa adanya terhadap kelebihan dan kekurangannya, secara fisik, pengetahuan, keterampilan dan sebagainya.

  2. Bisa menilai situasi secara realistik; dan juga dapat menghadapi segala keadaan dalam kehidupan yang dialaminya secara realistik dan bisa menerima secara wajar, tidak mengharapkan kondisi kehidupan itu sebagai sesuatu yang begitu sempurna.

  3. Memiliki kemampuan dalam menilai prestasi yang diperoleh secara realistik; bisa menilai keberhasilan yang didapatnta dan meraksinya secara rasional, tidak menjadi sombong, angkuh atau mengalami superiority complex, jika menpadat prestasi yang tinggi atau kesuksesan dalam hidup.

  4. Dapat menerima tanggung jawab; dia memiliki keyakinan terhadap kemampuannya untuk mengatasi masalah dalam kehidupan yang dihadapinya.

  5. Kemandirian; mempunyai sifat mandiri terhadap cara berfikir, bertindak, memiliki kemampuan mengambil keputusan, mengarahkan dan mengembangkan diri dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Kepribadian yang tidak sehat

  • Mudah marah (tersinggung)
    Menunjukkan kekhawatiran dan kecemasan
  • Sering merasa tertekan (stress atau depresi)
  • Bersikap kejam atau senang mengganggu orang lain yang usianya lebih muda atau terhadap binatang

  • Ketidakmampuan untuk menghindar dari perilaku menyimpang meskipun sudah diperingati atau dihukum
  • Kebiasaan berbohong
  • Hiperaktif
  • Bersikap memusuhi semua bentuk otoritas
  • Senang mengkritik/mencemooh orang lain

Sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-kepribadian/


Comments

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog